Skip to main content

Misteri Gunung Ciremai dan Sunan Gunung Jati

Misteri gunung ciremai sudah sangat terkenal dan lekat dikalangan warga Jawa Barat hingga sekitarnya, Gunung Ceremai adalah gunung berapi kerucut yang secara administratif termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Gunung ciremai adalah gunung tertinggi di kabupaten di Jawa Barat, memiliki ketinggian 3078 mdpl (meter diatas permukaan laut). 
baca juga: Inilah 8 Tips Traveling Sendirian Bagi Wanita
http://1.bp.blogspot.com/
Gunung ini jika dilihat dari kejauhan akan terlihat seperti tumpeng raksasa, menurut catatan sejarah, gunung ciremai ternyata pernah meletus pada tahun 1937, namun setelah saat itu hingga kini gunung ciremai tak pernah menunjukan aktivitas vulkanik yang mencolok. Artinya kamu yang hobby naik gunung bisa mendaki gunung ini kapan pun. 

Seperti gunung lain pada umunya, di ciremai juga menyimpan banyak sejarah dan misteri, bahkan mitos yang tersebar luas, tak hayal jika hendak mendaki gunung ini pasti akan diperingatkan terlebih dahulu agar tak melanggar pantangan saat mendaki, cerita menakutkan yang paling sering dialami oleh para pendaki gunung ciremai adalah bertemu sosok macan kumbang misterius, untuk lebih lengkap baca sampai habis mitos dan misteri gunung ciremai berukut.
baca juga: Cara Bertahan Hidup Di Hutan Belantara (Survival)

1. Sunan Gunung Jati
http://server5.merahpoetih.com/

Seperti yang kita ketahui, Sunan Gunung jati adalah salah satu tokoh besar penyebar agama Islam di Nusantara, Sunan Gunung Jati juga dikenal dangan nama Syarif Hidayatullah, lahir sekitar 1450 M, namun ada juga yang mengatakan bahwa ia lahir pada sekitar 1448 M. Sunan Gunung Jati adalah salah satu dari kelompok ulama besar di Jawa bernama walisongo. Menurut cerita sejarah masyarakat sekitar, Sunan Gunung Jati dahulu kala pernah datang ke gunung ciremai dan dan melakukan semedi untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, dan tempat dimana ia bersemedi disebut oleh masyarakat Batu Lingga.

2. Nyi Linggi dan Dua Macan Tutul
http://dishut.jabarprov.go.id/

Misteri adalah yang paling fenomenal dari yang lainnya, menurut juru kunci gunung ciremai nyi linggi adalah sosok yang menggantikan petapaan dari sunan gunung jati, yang mengherankan adalah kemanapun ia pergi konon selalu ditemani oleh dua macan tutul. Namun konon ia belum sempat menyelasaikan semedinya itu, dan hewan peliharaannya yaitu dua macan kumbang menghilang. 
Menurut beberapa cerita dari pendaki apes yang melihat sosok mahluk gaib, mereka mengaku pernah malihat sososk wanita paruh baya memakai pakaian kuno dan diapit oleh dua macan kumbang, mungkin itulah sosok dari nyi linggi itu.

3. Kuntilanak
https://i.ytimg.com

Gemana perasaan mu kalo sampe ketemu sama yang satu ini,? kayaknya bakalan kapok naik gunung lagi hehe, yaa ternyata di gunung curemai banyak pendaki yang menceritakan pengalamannya bertemu dengan sosok gaib gadis berambut panjang ini. Hal yang paling menakutkan menurut mereka yang bertemu sososk kunti di ciremai adalah, si kunti hanya menampakkan diri dan hanya melirik dari kejauhan sambil mengeluarkan tawa khas kuntilanak yang bikin bulu kuduk merinding mendadak. 
baca juga: Pendaki Pemula? Ini Panduan Mendaki Gunung Papandayan

4. Misteri Jalak Hitam
http://4.bp.blogspot.com/

Keberadaan hewan ini masih menjadi misteri dikalangan para pendaki, para pendaki dan warga sekitar menyarankan agar berhati-hati jika sudah sampai di pos empat yaitu pos pengalap (jemputan), pasalnya mereka bercerita kerap didatangi oleh si jalak hitam, secara misterius tiba-tiba jalak datang entah dari arah mana, dan kemudian dia menghilang begitu saja. Sebaiknya kalian berhati-hati saja jika melihat jalak ini yaa, mudah-mudahan si jalak tak membawa hal buruk.

5. Suara Gamelan
http://2.bp.blogspot.com/

Tak asing lagi jika kita mendengar kisah tentang adanya suara aneh di suatu gunung tertentu, contohnya saja di gunung merapi Jogja, ada mitos yang mengtakan di pasar bubrah sering terdengar suara orang ramai seperti aktivitas di pasar, orang sering menyebut suara aneh itu denga sebutan pasar setan. dan di ciremai juga ternyata memiliki hal yang sama yaitu sering terdegar suara aneh gamelan jawa, mitosny jika kita mencoba mencari sumber suara dari gamelan ini maka kita akan tersesat dan di bawa ke alam lain. jadi buat kalian jangan coba-coba mencari dan mengikuti sumber suara gamelan jika ingin selamat.


Quote: dalam melakukan pendakian hendaknya kita selalu mengingat Tuhan, karna kita sebenarnya hanya boleh takut terhadap Nya, jin dan mahluk gaib lainnya merupakan mahluk ciptaan Nya, sama seperti kita manusia, namun derajat kita lebih tinggi. Jadi seharusnya dengan mitos dan misteri seperti ini bisa mendekatkan dan mempertebal iman kita kepada Tuhan, bukan malah menjadi suatu ke syririkan tertentu seperti pesugihan.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua, jika ada kritik dan saran tentang tulisan ini silahkan tulis unek-unek kalian di kolom komentar bawah. Terimakasih...

Comments