Skip to main content

Pendaki Pemula? Ini Panduan Mendaki Gunung Papandayan

Jika Anda tinggal di Jakarta dan sekitarnya dan berencana mendaki gunung untuk pertama kali, Gunung Papandayan bisa di jadikan alternatif pertama untuk Anda coba. Gunung Papandayang terletak di Garut, Jawa Barat yang memiliki ketinggian gunung papandayan 2.665 meter di atas permukaan bisa Anda tempatkan dalam daftar gunung yang perlu di jajal untuk didaki yang pertama kalinya. 
Baca Juga : 7 Tempat Wisata Di Garut Yang Paling Menarik Untuk Dikunjungi
ketinggian gunung papandayan
infopaguci.blogspot.com
Kebanyakan pendaki yang berasal dari Jawa Barat dan Jakarta bisa mengunjunginya pada akhir pekan mengingat jalur pendakian gunung ini yang tak terlalu panjang dan tak memakan waktu yang lama.  Trek gunung papandayan juga tak begitu sulit.

Sebelum mencoba untuk di daki, sebaiknya Anda perlu memperbanyak informasi untuk memepermudah pendakian, Berikut kami menyajikan panduan lengkap wisata pendakian Gunung Papandayan. 

1. Mengapa Papandayan cocok untuk pemula?

Perlu Anda ketahui selain jalur pendakiannya yang cenderung landai, pendaki juga sangat mudah untuk mendapatkan air. Air yang tersedia di jalur pendakian ini berasal dari mata air Gunung Papandayan sehingga bersih dan layak untuk di konsumsi. Pendaki bisa mengisi air untuk pesediaan pada titik-titik air bersih yang terus mengalir.

2. Makanan dan barang keperluan lainnya

Makanan merupakan hal yang sangat perlu disiapkan ketika kita akan mendaki gunung. Jika ingin mendaki Gunung Papandayan, Tak perlu susah susah beli di jakarta atau daerah asal Anda, pendaki bisa membelinya di Pasar Cisurupan maupun toko serba ada di dekat pasar yang pastinya dekat dengan basecamp pendakian.

Mendaki merupakan kagiatan yang menguras tenaga, maka dari itu usahakan untuk membeli lauk pauk bergizi untuk modal energi pendakian, walaupun di pos-pos pendakian gunung ini banyak terdapat warung yang menawarkan makanan.Hanya saja di warung-warung tersebut, hanya menyediakan makanan-makanan ringan seperti mie instan, kopi, teh, dan juga gorengan. 

3. Akses Menuju Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan gunung yang terletak Kabupaten Garut, Jawa Barat. Perjalanan menuju pos registrasi Gunung Papandayan dari Kota Jakarta memakan waktu sekitar 4-6 jam.

Untuk menuju Gunung Papandayan jika menggunakan kendaraan umum dapat melalui Terminal Bus Primajasa di Cililitan, Jakarta Timur. Ambil bus menuju Terminal Guntur Garut yang berangkat pada pukul 22.00 WIB. 

4. Jalur pendakian Gunung Papandayan Garut

Jalur pendakian Gunung Papandayan Garut
kompas.com
Sebelum melakukan pendakian, kita memulai dari titik awal pendakian yakni di Camp David. Camp David ini sering disebut juga Pos 1 oleh pendaki. Di Camp David ini merupakan tempat pengecekan kelengkapan administrasi oleh relawan-relawan dari sekitar Gunung Papandayan.

Dari Pos Camp David, rute pendakian gunung papandayan akan dimulai dengan medan dengan batuan belerang. Sekitar lima menit perjalanan melewati medan yang berbatuan dan di kanan kiri pepohonan yang rindang dan sejuk, pendaki akan langsungmasuk medan yang terbuka dan bisa melihat aktivitas kawah-kawah Gunung Papandayan.

Perjalanan menuju titik berkemah di Pos Puncak Kawah akan menempuh sekitar 30 menit di tengah medan yang tak terlindungi oleh pepohonan.

5. Memilih lokasi Berkemah

Pos Pondok Salada.
routinescape.wordpress.com

Nah yang pingin mendirikan tenda atau berkemah, pada pos pendakian Gubber Hood bisa menjadi alternatif untuk berkemah. Biasanya, pendaki berkemah di Pos Pondok Salada.

Jika pada Pos Pondok Salada telah dipenuhi oleh pendaki, Pos Gubber Hood juga bisa menjadi pilihan untuk berkemah. 
Pos Pondok Salada menjadi tempat mendirikan tenda oleh pendaki karena lahan yang luas yang bisa menampung hingga ratusan tenda. 

6. Wow!! Motor pun bisa mendaki

Jika tak mau bersusah payah untuk menikmati pemandangan gunung papandayan. Anda bisa menyewa ojek, Motor banyak berlalu lalang di Gunung Papandayan. Warga sekitar memanfaatkan motor tersebut sebagai alat transportasi di gunung.
Motor yang berlalu lalang di Papandayan biasanya di gunakan warga untuk mengambil hasil berkebun, membawa barang jualan, evakuasi pendaki yang sakit, dan juga untuk melakukan jasa porter pendakian,
Motor yang dipakai untuk mendaki Gunung Papandayan kebanyakan telah dimodifikasi sesuai dengan medan yang terjal dan mayoritas berbatu dan tanah gembur. Motor milik warga maupun komunitas pencinta motor modifikasi bisa mencapai tempat kemah pendaki di Pondok Salada yang berketinggian 2.268 meter di atas permukaan laut. 

7. Urusan buang hajat yang nyaman dan aman :)


Buang hajat merupakan hak setiap manusia, tetapi jangan khawatir karena di Gunung Papandayan menyediakan fasilitas toilet umum di atas gunung yang dapat digunakan untuk para pendaki. Di beberapa titik pos jalur pendakian, pendaki bisa memanfaatkan toilet  tersebut dengan membayar biaya dangan sukarela yang nantinya akan digunakan untuk perawatan toilet.

Dimana Kita dapat menemukan toilet tersebut? Pendaki bisa menemukan toilet itu di pos-pos pendakian, seperti Pos Puncak Kawah, Pos Persimpangan Pondok Saladah- Pos Hoeberhoet, dan juga di pada Pos Pondok Salada ini. Terdapat sekitar 20 bilik toilet yang bisa digunakan oleh pendaki. 

Nah Bagaimana? tertarik untuk menjajal pendakian Gunung Papandayan? semoga informasinya dapat bermanfaat
Baca Juga : 5 Gunung Di Jawa Barat Yang Ramai Di Kunjungi Pendaki


Comments